Pemanfaatan Teknologi Masa Kini : Wireless Charger

ep-wi950ebegww-221633-0

A. Pengertian Wireless Charger

Wireless charging atau pengisian nirkabel merupakan istilah yang digunakan untuk mengisi ulang daya baterai tanpa kabel atau nirkabel. Wireless charging pada dasarnya merupakan transmisi arus listrik dari sumber listrik ke perangkat penerima tanpa menggunakan koneksi fisik atau kabel. Teknologi ini umumnya dapat ditemukan pada tipe-tipe smartphone high-end atau premium.

B. Sejarah Wireless Charger

Wireless charging sudah diperkenalkan kali pertama pada 2009. Smartphone yang menggunakan fitur tersebut adalah Palm Pre, namun pasar kurang merespons sehingga produk itu berlalu begitu saja. Saat ini, sejumlah perusahaan besar (ada 120 perusahaan) termasuk Sony, Nokia, Texas Instruments, dan Samsung telah membentuk Wireless Power Consortium (WPC) untuk mempromosikan wireless charging berbasis teknologi induksi. Hasilnya adalah standar Qi (dibaca chi, yang berasal dari Bahasa Cina yang berarti energi).

C. Cara Kerja Wireless Charger

  1. Tegangan listrik diubah menjadi bolak-balik pada frekuensi tinggi current (AC).
  2. Arus bolak-balik (AC) yang dikirim ke kumparan pemancar oleh rangkaian pemancar. Arus bolak-balik kemudian menginduksi medan magnet berubah dalam kumparan pemancar.
  3. Arus bolak-balik yang mengalir dalam kumparan pemancar menginduksi medan magnet yang meluas ke kumparan penerima (ketika dalam jarak tertentu).
  4. Medan magnet menghasilkan arus dalam kumparan penerima perangkat. Proses dimana energi ditransmisikan antara pemancar dan penerima kumparan juga disebut sebagai kopling magnet atau resonansi dan dicapai oleh kedua kumparan beresonansi pada frekuensi yang sama.
  5. Arus yang mengalir dalam kumparan penerima diubah menjadi arus searah (DC) dengan rangkaian penerima, yang kemudian dapat digunakan untuk mengisi baterai

D. Manfaat Wireless Charger

  1. Kenyamanan yang lebih besar dan di mana-mana untuk pengisian perangkat sehari-hari
  2. Mengurangi biaya yang terkait dengan mempertahankan konektor mekanik
  3. Powering atau pengisian perangkat yang aman yang harus tetap steril atau tertutup rapat (tahan air)
  4. Mencegah korosi akibat unsur-unsur seperti oksigen dan air
  5. Menghilangkan bunga api dan puing-puing yang berhubungan dengan kontak kabel
  6. Pengisian nirkabel untuk smartphone atau tablet

E.Peggunaan Wireless Charger

Untuk menggunakan wireless charger dengan smartphone, Anda akan membutuhkan smartphone yang mendukung wireless charger dan pad wireless charger.

Smartphone populer yang mendukung wireless charger termasuk diantaranya:

  • Google Nexus 4.
  • Samsung Galaxy S4: Anda akan membutuhkan official “wireless charger cover” yang menggantikan panel belakang Galaxy S4.
  • HTC Droid DNA: ponsel HTC lainnya, seperti HTC One, tidak didukungan wireless charger.
  • Nokia Lumia 920 dan Lumia 820.
  • iPhone Apple 5: Wireless charger tidak termasuk dalam paket iPhone 5, tetapi Anda dapat membeli Powermat yang menambahkan kemampuan pengisian nirkabel ke iPhone Anda.

Semua smartphone di atas menggunakan standar Qi, kecuali Apple iPhone 5 yang dibuat oleh Powermat, yang menggunakan standar Powermat sendiri.

 

Sumber :

http://www.slideshare.net/fuadvenor/wireless-charging-48489605

https://rsinewsupdate.wordpress.com/2016/12/07/%E2%80%8Bwireless-charging-sejarah-cara-kerja-kelebihan-kekurangan-dan-manfaat/

http://mwahid-21.blogspot.co.id/2013/05/mengenal-teknologi-wireless-charging_5.html

http://www.indoenergi.com/2013/07/wireless-charger-mengisi-daya-baterai.html

16 thoughts on “Pemanfaatan Teknologi Masa Kini : Wireless Charger

Leave a comment